Pengambilan Bahan Urine

, , Leave a comment

Suatu cairan dinyatakan sebagai urine apabila kadar ureum yang tinggi melebihi 1 g/dl dan kadar creatinine lebih dari 50 mg/dl.

Terdapat beberapa jenis sample urine :

1. Urine sewaktu

Sesuai namanya, urine diambil kapan saja tidak ada ketentuan khusus. Keuntungannya cukup baik dilakukan pada saat penderita datang dan dapat dilakukan pada kondisi emergency. Kelemahannya adalah tidak mencerminkan kondisi dalam satu hari.

2. Urine pagi

Urine yang dikeluarkan pertama kali saat bangun tidur. Urine ini lebih pekat sehingga baik untuk pemeriksaan berat jenis, sedimen, protein dan tes kehamilan (HCG)

3. Urine postprandial

Urine dikeluarkan sekitar 1,5-3 jam setelah Anda makan. Pemeriksaan ini berguna terutama bagi penderita DM untuk pemeriksaan skrining adanya glukosuria. Kelemahannya adalah ketepatan waktu dalam pengambilan urine.

4. Urine 24 jam

Urine yang dikumpulkan selama satu hari penuh. Urine yang dikeluarkan selama satu hari, contohnya dari jam 8 pagi sampai jam 8 pagi hari berikutnya, ditampung untuk dilakukan pemeriksaan sehingga dapat menggambarkan kondisi Anda selama satu hari. Kelemahannya adalah kesulitan dalam pengumpulan bahan.

5. Urine 3 gelas

Pengambilannya ditampung dalam 3 gelas tanpa menghentikan aliran urine. Sebelumnya Anda tidak boleh berkemih dulu. Pemeriksaan ini dapat menggambarkan keadaan masing-masing saluran  kencing, namun memiliki kelemahan dalam ketepatan pengumpulan bahan pada masing-masing gelas.

Wadah untuk pengambilan bahan urine harus bersih dan kering; bahan terbaik dari gelas,bermulut lebar bertutup rapat, disposibel dari plastik; diberi label; dan tidak perlu steril (kecuali pemeriksaan bakteriologi).

Setelah dilakukan pengumpulan bahan urine, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan, karena apabila terlalu lama akan terjadi perubahan pada komposisi zat dan hasil yang keluar, sebagian di antaranya adalah pertumbuhan bakteri meningkat, kadar glukosa menurun, pH menjadi alkalis, dekomposisi silinder, lisisnya eritrosit, urine menjadi makin keruh, perubahan warna dan bau, dan nitrit menjadi positif.

Semoga bermanfaat..

 

Leave a Reply