Test Baru yang Berpotensial dalam Diagnosa Dini Osteoartritis Telah Ditemukan

, , Leave a comment

Peneliti di King’s College London’s Department of Twin Research and Genetic Epidemiology, di St. Thomas ‘Hospital telah menemukan cara baru untuk mengukur tanda-tanda biologis dalam darah yang dapat digunakan untuk mendiagnosa osteoarthritis sebelumnya.

Osteoarthritis adalah kondisi yang mempengaruhi sendi dan merupakan jenis yang paling umum dari artritis di Inggris. Hal ini terutama terjadi pada lutut, pinggul, dan sendi kecil tangan, tapi hampir semua sendi dapat terpengaruh.

Uji biokimia baru yang disebut metabolomik memungkinkan para ilmuwan untuk menguji 163 sinyal kimia pada saat yang sama dari sampel darah tunggal. Sinyal-sinyal kimia produk antara dari metabolisme sel manusia dan 26.000 rasio metabolit mereka merupakan laju reaksi kimia dalam tubuh manusia.

Pertama-tama tim mempelajari 123 perempuan kulit putih dengan osteoarthritis lutut dan 299 wanita sehat dari Twins UK register, membandingkan perbedaan metabolit dan 26.000 rasio metabolit antara dua kelompok. Mereka menemukan bahwa 14 rasio metabolit secara bermakna berhubungan dengan osteoarthritis. Tim ini kemudian menguji sinyal-sinyal tersebut untuk melihat apakah terjadi replikasi sinyal dalam sampel independen yang terdiri dari 76 wanita dengan arthritis lutut dan 100 perempuan sehat. Dua rasio – valin ke histidin dan xleucine ke histidin – berhasil dikonfirmasi dalam replikasi sampel.

Dr Guangju Zhai, penulis utama pada makalah yang diterbitkan di jurnal, Annals of Rheumatic Diseases, mengatakan: “Osteoartritis diperkirakan mempengaruhi  8.500.000 orang di Inggris dan salah satu ciri utamanya adalah kerusakan pada tulang rawan, otot halus kuat yang membatasi tulang dan memungkinkan  sendi untuk bergerak dengan mudah dan tanpa gesekan. Pencarian untuk biomarker, atau ciri-ciri, yang dapat digunakan untuk mengukur atau menunjukkan pengaruh atau kemajuan kondisi merupakan area yang sangat menarik dari penelitian klinis. Dua biomarker metabolic baru ditemukan melalui penelitian kami bisa menunjukkan peningkatan kerusakan tulang rawan dan kami sekarang ingin mempelajari mekanisme ini lebih terinci. ”

Professor Tim Spector, penulis senior makalah ini menambahkan: “Penelitian kami adalah studi pertama yang menggunakan metabolomik pendekatan untuk mengidentifikasi biomarker metabolik baru untuk osteoartritis. Kami berharap dengan penelitian lebih lanjut kedua rasio metabolit ini dapat diadopsi dalam praktek klinis, memungkinkan dokter mendiagnosa atau mengidentifikasi osteoarthritis yang sedang berkembang, sebelumnya Studi kami juga menunjukkan potensi besar klinis metabolomik dan kami berharap di masa depan dapat digunakan untuk memantau efektivitas perawatan. Pada saat ini kita tergantung pada roentgen – dan ketergantungan kita pada metode ini adalah suatu hambatan yang besar untuk pengembangan obat baru untuk osteoartritis. ”

Sumber : Medicalnewstoday.com

 

Leave a Reply