Pemeriksaan Alfa Feto Protein

Kali ini saya coba menulis tentang beberapa pemeriksaan yang mungkin kurang familiar di telinga kita. Pada lembar permintaan bisa kita lihat ada beberapa item seperti CRP, ASTO, RAF, SI/TIBC,Coomb’s Test, AFP, dan lain sebagainya.

Kita awali dulu dengan pemeriksaan Alfa Feto Protein (AFP). Mungkin di antara kita ada yang pernah diminta oleh dokter untuk kadar AFP. Sebenarnya apakah tujuan dari pemeriksaan ini?

AFP adalah suatu protein plasma yang dihasilkan oleh yolk sac (kantong kuning telur) dan hati selama kehidupan janin. AFP ini diketahui tidak memiliki manfaat pada orang dewasa yang sehat. Jadi, kadar yang meningkat dapat menunjukkan kelainan.

Kadar normal dari AFP adalah di bawah 10 ng/ml. Kenaikan sedang sampai 500 ng/ml dapat terjadi pada penderita hepatitis kronik. Sedangkan  kadar di atas 500 ng/ml hanya terdapat pada :

  1. Kanker hati
  2. Kanker testis dan ovarium
  3. Proses penyebaran kanker yang telah mencapai hati

Pada ibu hamil, pemeriksaan ini berguna untuk mengetahui adanya cacat lahir, seperti spina bifida, neural tube defect, anencephali, dan sindroma Down. Biasanya dilakukan pada minggu 14-20.

Pemeriksaan AFP juga dapat digunakan untuk melihat respon penderita terhadap pengobatan, contohnya pada penderita kanker hati yang telah dilakukan operasi pembedahan, kadar AFP bisa turun ke level normal.

Semoga bermanfaat.

dari berbagai sumber

17 Replies to “Pemeriksaan Alfa Feto Protein”

    • drdjebrut

      Mungkin bisa naik mas,tapi tidak signifikan.kenaikan yg signifikan terutama karena proses di hepar dan germinal cell. jadi menurut sy gak bisa jadi penanda ca prostat. tetep PSA ama RT.
      suwun wis mampir.. 🙂

  1. Suci

    Ass. mas saya mau tanya apa hasil dari pemeriksaan AFP diatas kalau hasil pemeriksaan 238,3 ng/mt
    apa itu termasuk dalam kategori kanker hati atau hepatitis kronis???

    Mohon dibalas ya mas dan penjelasannya coz penting buat studiku
    Thank’s

    • drdjebrut

      wass.maaf baru sempet reply karena kesibukan.
      untuk pemeriksaan ini hanya penunjang,jadi tidak bisa dimasukkan dalam kedua kategori penyakit tersebut. diperlukan proses diagnosa dari anamnesa, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang lain. Kadar AFP 238,3 bisa saja hepatitis kronik dan bisa juga kanker hati. Yang perlu diketahui, diagnosa pasti dari kanker hati adalah biopsi, bukan pemeriksaan AFP ini.
      semoga membantu. mohon maaf kalo sekiranya ada yang salah.

  2. Indar

    Mau nanya pak, saya 1 April 2010 operasi kanker ovarium, trus kemoterapi BEP, dokter selalu minta tes darah beta HCG, AFP, LDH. AFP tes bln April 3,79. Bln Novenber naik 4,18. Kenapa bisa naik? Apakah bisa sampai angka 0? apakah berarti kanker ovarium saya sudah bersih atau sebaliknya ? makasih atas penjelasannya

    • drdjebrut

      maaf baru sempat membalas
      kadar AFP Anda 3,79 dan 4,18, walaupun naik tapi tidak signifikan dan masih dalam rentang normal (di bawah 10 ng/ml menurut referensi, atau tergantung dari kadar normal tiap laboratorium). kadar AFP yang normal menunjukkan respon terhadap terapi yang bagus. mungkin untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke dokter yang merawat Anda.
      semoga dapat menjawab.

  3. Huda

    Pak saya mau nanya petanda tumor AFP ini kan dapat dideteksi dalam serum atau cairan amnion, pertanyaannya AFP ini untuk mendeteksi pada ibunya atau janinnya? Terimakasih atas jawabannya.

    • drdjebrut

      maaf baru sempat membalas,
      AFP pada serum ibu atau cairan amnion ini berasal dari fetus. misalnya jika terjadi defek neural tube, serum AFP dari fetus akan bocor ke cairan amnion dan masuk ke serum ibu.
      semoga dapat menjawab.

    • drdjebrut

      hasilnya 6.109 ya? hasil AFP di atas 500 ng/mL terdapat kemungkinan adanya kanker hati, penyebaran kanker ke hati, atau kanker pada testis. namun perlu didukung dengan anamnesa, pemeriksaan fisik, dan hasil laboratorium yang lain. sebaiknya konsultasikan dulu denga dokter Anda.

  4. Maryana yulia

    Bismillah..
    Dokter saya mau tanya hasil lab suami saya
    Sgot = 181
    Sgpt = 150
    Afp = 641
    Kata dokter tumor hati..pengobatan seperti apa yg harus dilakukan agar tdk menjadi kanker hati

    • Dian Sukma Hanggara

      AFP meningkat memang salah satu tanda hepatoma/kanker hati, tapi tidak semua AFP yang meningkat pasti hepatoma. Penyakit hati lain juga bisa meningkatkan kadar AFP, sehingga AFP tidak bisa digunakan untuk diagnosis, tapi untuk monitoring penyakit. Pastikan dulu diagnosisnya apa benar hepatoma ke dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *