Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED)

Pada saat kita periksa darah lengkap, seringkali hasil LED juga keluar tanpa kita mengetahui apa artinya. Apa itu LED? Sesuai namanya, pemeriksaan LED atau laju endap darah (ESR; erythrocyte sedimentation rate) adalah pemeriksaan darah dengan mengukur kecepatan pengendapan dari sel darah merah  pada plasma yang diukur dalam satu waktu tertentu. Pemeriksaan ini tidak spesifik untuk suatu penyakit, jadi banyak sekali keadaan yang dapat meningkatkan nilai LED.

Pada infeksi akut dan kronis, inflamasi, keganasan, dan nekrosis atau infark jaringan akan terjadi peningkatan protein plasma yang menyebabkan sel darah merah memiliki kecenderungan menempel satu sama lain. Hal ini akan meningkatkan berat sel darah merah dan lebih cepat mengendap. Sehingga pada beberapa penyakit tersebut nilai LED akan meningkat. Pada beberapa penyakit, LED dapat digunakan untuk melihat perjalanan penyakit dan memonitor pengobatan. Secara umum, jika penyakit memburuk nilai LED akan meningkat, dan sebaliknya jika penyakit membaik LED turun.

Perlu diingat bahwa nilai LED yang naik tidak melulu karena penyakit. Terdapat beberapa keadaan yang secara normal dapat meningkatkan nilai LED, antara lain kehamilan (setelah minggu ke-12), setelah melahirkan, menstruasi, dan pengobatan dengan metildopa, kontrasepsi oral, penisilamin, dan teofilin.

Nilai normal LED:

  • Pria <15 mm/jam
  • wanita <20 mm/jam
  • anak <10 mm/jam
  • bayi baru lahir 0-2 mm/jam.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Diagnostic and Laboratory Test Reference dan Manual of Laboratory and Diagnostic Tests

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *