Gambaran Cadangan Besi pada Aspirasi Sumsum Tulang

Tidak terasa sudah lebih dari 2 tahun blog ini tidak terurus karena kesibukan saya studi, insyaAllah ke depannya akan coba saya isi lagi. Kali ini saya mulai dengan tulisan yang ringan saja mengenai pengecatan besi (hemosiderin) pada apusan aspirasi sumsum tulang (BMA).

Pengecatan besi pada apusan BMA merupakan standar emas dalam diagnosis anemia defisiensi besi, tapi tidak mutlak dilakukan karena prosedur BMA yang invasif. Anemia defisiensi besi bisa ditegakkan dengan pemeriksaan darah lengkap, apusan darah, SI, dan TIBC. Pengecatan besi biasa dikerjakan sebagai pemeriksaan tambahan pada pasien yang memiliki indikasi untuk dilakukan BMA.

Cadangan besi yang kosong bisa ditemukan mulai dari tahapan eritropoiesis defisiensi besi sampai anemia defisiensi besi, sedangkan pada tahap deplesi besi cadangan besi masih ada. Gambaran cadangan besi yang positif pada aspirasi sumsum tulang ditunjukkan dengan warna biru kehijauan pada matriks sumsum tulang, bisa dilihat pada gambar berikut:

Cadangan Besi Positif
Cadangan Besi Positif
Cadangan Besi Positif
Cadangan Besi Positif

 

Gambar cadangan besi yang negatif bisa dilihat pada gambar di bawah. Dapat kita lihat perbedaannya dengan yang positif. Apusan yang negatif tidak ada warna biru kehijauan, sebagian besar hanya berwarna merah kecoklatan.

Cadangan Besi Negatif
Cadangan Besi Negatif
Cadangan Besi Negatif
Cadangan Besi Negatif

 

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Gambaran Cadangan Besi pada Aspirasi Sumsum Tulang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *