[Download] Data Surveilans Mikroba dan Kepekaannya terhadap Antibiotik Berdasarkan Tipe Rumah Sakit di Indonesia

September 7, 2018 Dian Sukma Hanggara 0 Comments

 

Judul: Data Surveilans Mikroba dan Kepekaannya terhadap Antibiotik Berdasarkan Tipe Rumah Sakit di Indonesia Tahun 2017

Editor: Andaru Dahesihdewi, Adhi Kristianto Sugianli, Ida Parwati (PDS Patklin)

Penerbit: Pehimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia 2018

Tebal: 98 halaman

Buku surveilans mikroba dan kepekaan terhadap berbagai antibiotik merupakan laporan pemetaan mikroba yang berhasil diisolasi dari bahan klinik pasien di rumah sakit selama periode tertentu, yang diperuntukkan untuk mendukung monitoring resistensi antimikroba.

Pada buku ini terpetakan mikroba terbanyak hingga gambaran persentasi kepekaan antimikroba tertentu, yang dipisahkan berdasarkan jenis bahan pemeriksaan/spesimen dan ruang perawatan asal pengiriman bahan pemeriksaan tersebut.

Penyusunan buku ini mengadaptasi format penyusunan yang direkomendasikan berdasarkan Modul Workshop Implementasi PPRA di Rumah Sakit yang diterbitkan oleh Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 dan Permenkes Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pedoman Program Pengendalian Resistensi Antimikroba di Rumah Sakit.

Pengolahan data menggunakan perangkat lunak yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO), yaitu peranti lunak WHONET. Laporan dalam buku surveilans ini diharapkan dapat menjadi informasi terkini situasi resistensi mikroba terhadap antibiotik di Indonesia pada umumnya, dan berbagai tipe Rumah Sakit pada khususnya.

Buku ini bisa diunduh di website resmi WHO di www.forlabinfeksi.or.id, atau langsung klik link di bawah

  >download<

Semoga bermanfaat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *