Kontak

Website ini dikelola oleh:

dr. Dian Sukma Hanggara, SpPK, M.Biomed

Minat di bidang hematologi

Kontak saya di ds.hanggara@gmail.com

Laboratorium Patologi Klinik Universitas Brawijaya Malang – Laboratorium Sentral RSUD dr. Saiful Anwar Malang

 

47 Replies to “Kontak”

  1. gitta

    wah..thanks ya dok infonya,aku lg ngerjain buat PME,dari pada ngebetin satu2 buku hema,eh dianter sm mister goo-goo kemari,eh btw cita2 jd dokter patologi klinik ya dok??

  2. Indar

    Asskum dok! Makasih infonya, saya jadi tahu, apa itu AFP, tp saya jg pingin tahu apa itu beta HCG dan LDH, saya kanker ovarium tp dh oprsi ma kemoterapi. Salam kenal dok. Mksh

  3. Bong a Lioek

    Hallo Dokter. Aku test Calcium Score. terbaca sbg:
    LM—-0.
    LAD–31.2
    CX—-0.1
    RCA–1.3
    Yg mau tanya jalur mana yg bermasalah/yg ada angka., bisa kasih gambarnya Umur 60 th laki.

    • drdjebrut

      terus terang saat saya baca tes calcium score saya kira kalsium darah, ternyata ini hasil cardiac CT Scan ya pak? sebenarnya ini bukan kompetensi saya, tapi saya coba jawab dari hasil browsing barusan.
      -LM (left main) : tidak ada plak
      -LAD (left artery descendent/arteri desenden kiri) : ada sedikit plak
      -CX (circumflexa artery/arteri sirkumfleksa) : tidak ada plak
      -RCA (Right coronary artery/arteri koroner kanan) : ada sedikit plak
      Jadi dari hasil di atas dapat dilihat ada sedikit plak pada arteri desenden kiri dan arteri koroner kanan. Gambar lokasi dimana kedua arteri tersebut bisa dilihat di: http://www.daviddarling.info/images/coronary_arteries.jpg

      Untuk lebih jelasnya lebih baik Anda konsultasikan dengan dokter spesialis radiologi atau spesialis jantung yang lebih kompeten.

      semoga dapat menjawab

      • Bong a Lioek

        Terima Kasih .boleh lebih detail tanya. dari gambar no 2 dan no 3 itu yg ada sedikit plat, bersambung keluar atau masuk dari mana untuk kemana?

  4. drdjebrut

    @bong a lioek
    maksudnya plak ya pak?no. 2 dan 3 tidak ada terusannya. jadi dia memberikan suplai oksigen dan nutrisi pada otot jantung sebagian di ventrikel kanan dan sebagian di ventrikel kiri. masuknya dari aorta.

  5. mely

    mau nanya nih.. adek saya sering mengalami mimisan, pusing, gampang sakit.. tetapi akhir-akhir ini sering banget mimisan. dalam sehari minimal sekali mimisan bahkan dalam sehari bisa sampe 3 kali mimisan plus sakit kepala. dia gampang banget sakit, kadang kulitnya memar-memar, dibawah leher dan telinga ada benjolan, nyeri tulang yang sangat sakit, cepat lelah, wajah pucat, dibagian bawah tulang rusuk juga sakit, kurang nafsu makan, berat bada turun drastis. biasanya saat sakit kepala diikuti dengan mimisan tetapi minggu lalu dia sakit kepala tapi nggak mimisan jadinya kelopak matanya yang biru-biru dan di kulitnya banyak merah-merah.. Sepertinya dia sangat menderita. saya curiga dia mengidap penyakit tertentu.. klo dilihat dari ciri-cirinya itu kira-kira penyakit apa yah…??? Mohon diberi saran yah… tolong dibalas.
    terima kasih..

    • drdjebrut

      maaf baru sempat membalas. Lebih baik dikonsultasikan dulu dengan dokter Anda mbak. Perlu pemeriksaan fisik, apakah benjolannya dari pembesaran kelenjar getah bening, apakah ada pembesaran hati dan limpa. Dan perlu pemeriksaan laboratorium juga. Kalau dari keluhannya mungkin ada anemia dan penurunan jumlah/fungsi trombosit. Mungkin juga bila memang ada anemia dan trombositopenia, diperlukan pemeriksaan BMP.

  6. dr.Puji Susanto

    salam kenal..saya arema juga,tapi dinas di bangka.. Adoh yo?? tapi memang wis tugase. Dadi PNS dines ndik puskesmas.. Salam sukses..

  7. amelia magdalena kawengian

    makasih dok atas kemudahan yang dokter bagikan untuk membaca hasil BGA…..suangat membantu buanget….kalo ada ilmu2 baru jangan lupa di share ya dok…thanks.amelia kawengian.nurse icu at siloam hospital manado

    • drdjebrut

      fase perkembangan eritrosit yang berinti itu dari pronormoblas sampai orthochromatic normoblast mbak, sedangkan retikulosit dan eritrosit sudah tidak berinti. sampai tahap orthochromatic normoblast, tidak terjadi sintesis DNA, kemudian inti dikeluarkan dari sel dan menjadi retikulosit. Inti yang sudah di luar tadi akan dimakan oleh makrofag.

      • aisyah

        Thank you, doc. oya, untuk organomegali pd leukemia jenis ALL itu disebabkan infiltrasi ke RES. Mohon penjelasannya mengenai mekanismenya dok. terima kasih

  8. juliani_dewi

    Dik Dian, ternyata blog nya bagus deh. Kalau tidak merepotkan boleh dibuatkan untuk tim flebotomi Malang. Nanti kontributornya dari kami berlima. Cuma diajari aja caranya memasukkan tulisan atau berita, atau Dik Dian yang memasukkan, kami kirim by email. Hmmm…. rasanya cukup mudah untuk diikuti peminat di seluruh Indonesia yang tertarik flebotomi.

  9. Bayu

    Dok, saya melihat thread yg agan buat di kaskus tentang med check bagi para karyawan baru.
    Besok ( 18 sept 2014 ) saya akan melaksanakan medcheck sebagai syarat seleksi karyawan baru.
    Apa saja persiapan yg harus saya lakukan agar bsk hasilnya maksimal.
    Saya berencana untuk minum air kelapa hijau mulai pagi, siang dan malam nanti pada saat sebelum melaksanakan puasa mulai jam 10 malam.
    Apakah yg saya lakukan ini dapat membantu untuk hasil bsk agar maksimal?
    Karna setelah googling, ternyata air kelapa hijau bagus banget untuk detox.
    Yang saya lakukan, bisa tdk untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, asam urat, sgot dan sgpt, dan lainnya yang akan di cek melalui darah.
    Saya akan melaksanakan tes untuk penerimaan karyawan kereta api indonesia.
    Saya mohon pencerahannya..
    Terima kasih.
    Bayudi S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *