Konsultasi

Halaman ini ditujukan untuk konsultasi, terutama masalah laboratorium. Silakan dituliskan pertanyaan yang akan diajukan di kolom komentar, insyaAllah akan dijawab sesuai kompetensi saya. Kritik dan saran untuk pengembangan website ini dan juga permintaan tentang artikel bisa dituliskan juga disini, atau bisa diemail ke patklincom@gmail.com

 

BTK

  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

14 People reacted on this

  1. dokter bagaimana membuat analisa dari hasil qc hal hal apa yang bisa dijadikan laporan tertulis dari hasil cv atau apa?

    1. dari hasil QC, kita lihat tren QC hari itu bagaimana. apakah keluar dari aturan Westgard. alat-alat otomatis rata-rata sudah ada grafiknya tiap pemeriksaan, kita tinggal mencocokkan dengan aturan Westgard. Dari situ kita bisa mengetahui apakah penyimpangan QC yang terjadi akibat random error atau systematic error, sehingga bisa mengambil langkah penanganan selanjutnya apakah QC perlu atau tidak diulang, apakah perlu kalibrasi, waktunya pembersihan atau maintenance dan lain2.

      lebih lengkap mungkin bisa dibaca2 di tulisan saya sebelumnya:
      http://patologiklinik.com/2018/03/21/memahami-westgard-rules-dalam-kontrol-kualitas-laboratorium/
      http://patologiklinik.com/2018/03/15/systematic-error-dan-random-error-pada-pemeriksaan-laboratorium/

      buku2 tentang QC bisa didownload di halaman download

      Semoga membantu. BTK

  2. Hasil tes darah lengkap saya hb dan trombo di bawah normal. Kesimpulan hapusan darah nya tertulis anemia normokromik normositik anisopoikilositosis dan trombositopenia.
    Pada apusan eritrosit : ada mikrosit, normosit, makrosit, ovalosit, sferosit, stomatosit. Juga polikromasia. Normoblast negatif.
    Pada leukosit : hypersegmen neutrofil. Imatur granulosit dan blast negatif.
    Pada trombosit : tidak ada giant ptatelet.

    Kira2 jenis anemia apa ya itu?
    Trims

  3. dok mohon info…. bagaimana cara membedakan dan mengetahui ciri khas masing masing dari sel Meolosit, meta meolosit, N batang, N segmen, Limfosit besar, dan Monosit

    1. untuk membedakannya memang harus sering-sering baca apusan darah. yang paling mudah dari yg disebutkan netrofil batang dan netrofil segmen.
      – netrofil batang bentuk inti belum terpisah2 segmennya seperti huruf U; netrofil segmen sudah terpisah2 berjumlah 3-5 segmen.
      – membedakan mielosit, limfosit besar atau reaktif dan monosit lebih sukar daripada membedakan netrofil. untuk mudahnya:
      mielosit: sitoplasma warna keunguan seperti sitoplasma netrofil.
      limfosit besar: warna kebiruan, kadang terlihat anak inti, bentuk inti bulat
      monosit: bentuk inti tidak teratur, tapi paling sering berbentuk kacang atau ginjal, sitoplasma lebih renggang, sering ditemukan vakuol atau lubang-lubang di sitoplasma.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *