Aturan 30 Menit dan 4 Jam dalam Transfusi Darah

November 13, 2018 Dian Sukma Hanggara 2 Comments

Dok, berapa lama kantong darah boleh dibiarkan di suhu ruang?

Apa kantong darah yang tidak jadi ditransfusikan bisa dikembalikan lagi?

Kantong darah yang dikembalikan lagi ke kulkas, apa bisa dipakai lagi? atau sudah rusak?

Dok, berapa lama satu kantong darah harus habis?

Beberapa pertanyaan di atas seringkali ditanyakan oleh tenaga kesehatan ke seorang penanggung jawab bank darah (BDRS) atau unit transfusi darah rumah sakit (UTDRS), baik itu pada pasien rawat inap atau pada pasien yang akan menjalani prosedur operasi. Hal ini memang berkaitan dengan penggunaan kantong darah yang efektif untuk mengurangi resiko terbuangnya kantong darah yang tidak jadi dipakai, sehingga mengurangi kerugian rumah sakit.

Kantong darah di suhu ruang

Jadi, berapa lama kantong darah boleh dibiarkan di suhu ruang?

Berkaitan dengan kantong darah yang dibiarkan pada suhu ruang berlaku aturan 4 jam. Kantong darah yang sudah keluar dari pendingin dan dipindah kan ke ruangan, contohnya diletakkan di meja atau tergantung di tiang infus, masih bisa ditransfusikan ke pasien dengan catatan total waktu transfusi adalah 4 jam. Total waktu transfusi dihitung dari kantong darah keluar dari penyimpanan sampai darah habis. Transfusi satu kantong darah PRC tidak boleh melebihi batas waktu 4 jam karena resiko perkembangbiakan bakteri meningkat drastis pada suhu ruang, sehingga bisa memicu terjadinya infeksi bakterial pada pasien.

Contoh aplikasinya adalah jika satu kantong darah PRC dibiarkan di meja rawat inap selama 1 jam, maka kantong darah ini masih bisa diberikan ke pasien dengan catatan harus habis dalam waktu 3 jam (1 jam + 3 jam = 4 jam total waktu darah keluar dari penyimpanan)

Aturan 30 menit dan 4 jam

 

Dok, berapa lama satu kantong darah harus habis?

Hal ini tergantung dari macam pemberian komponen darahnya, karena volume dan stabilitas masing-masing komponen berbeda. Pada umumnya, pemberian komponen darah pada pasien stabil tanpa kedaruratan medik pemberian masing-masing komponen sebagai berikut:

  • PRC 1-3 jam per kantong
  • TC 15-30 menit per kantong
  • FFP 30 menit per kantong
  • Cryoprecipitate 30-60 menit per dosis
Penyimpanan kantong darah

Apa kantong darah yang tidak jadi ditransfusikan bisa dikembalikan lagi?

Pada kasus ini berlaku aturan 30 menit. Kantong darah PRC dapat dikembalikan ke penyimpanan jika ke BDRS atau UTDRS dalam waktu kurang dari 30 menit. Kantong darah yang dikembalikan ke kulkas bisa dilakukan reaksi silang ulang dan ditransfusikan ke pasien lain. Kantong darah yang dikembalikan dalam waktu lebih dari 30 menit tidak disimpan lagi dan tidak bisa ditransfusikan ke pasien yang lain sehingga terpaksa harus dibuang.

Pada beberapa penelitian penggunaan aturan 30 menit ini dikatakan terlalu singkat, dan bisa diperpanjang sampai 60 menit tanpa mengganggu fungsi dari sel darah merah dan resiko perkembangbiakan bakteri tidak berbeda signifikan dengan aturan 30 menit.

Semoga bermanfaat

Sumber:

  • Canadian Blood Services
  • Eastern Health Transfusion Committee

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 People reacted on this

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *