Swab Evaluasi pada Kasus Covid-19 (Pedoman Rev-5)

, , Leave a comment

Kasus konfirmasi Covid-19 adalah seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-CoV2 yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium RT-PCR. Kasus konfirmasi dibagi menjadi 2, yaitu kasus konfirmasi dengan gejala  dan kasus konfirmasi tanpa gejala. Siapa saja yang butuh swab ulang atau evaluasi pada pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19? Bisa dilihat pada gambar berikut (berdasarkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19)

Manajemen kesmas pada kasus konfirmasi

Bisa dilihat pada gambar di atas, swab evaluasi hanya dilakukan pada kasus 2 (lingkaran merah) yaitu pada pasien dengan gejala berat yang dirawat di RS rujukan. Pada kasus nomor 1 (lingkaran biru) yaitu pasien tanpa gejala, gejala ringan, maupun gejala sedang, kriteria kesembuhannya tidak mempersyaratkan swab evaluasi lagi. Kapan dilakukan swab ulangan?

Jadwal pengambilan swab

Pengambilan swab hari 1 dan 2 merupakan pemeriksaan diagnostik, sedangkan untuk swab evaluasi atau monitoring dilakukan pada hari ke-7 bila terjadi perbaikan klinis untuk menilai kesembuhan.Pasien dinyatakan sembuh jika hasil swab sudah satu kali negatif dengan 3 hari bebas gejala pernapasan atau demam.

 

Semoga bermanfaat.

Sumber: Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi-5

 

 

Leave a Reply