Pemeriksaan IgG dan IgM pada Demam Berdarah Dengue

, , 6 Comments

Pemeriksaan antibodi IgG dan IgM yang spesifik berguna dalam diagnosis infeksi virus dengue. Kedua antibodi ini muncul 5-7 hari setelah infeksi. Hasil negatif bisa saja muncul mungkin karena pemeriksaan dilakukan pada awal terjadinya infeksi. IgM akan tidak terdeteksi 30-90 hari setelah infeksi, sedangkan IgG dapat tetap terdeteksi seumur hidup. IgM yang positif memiliki nilai diagnostik bila disertai dengan gejala yang mendukung terjadinya demam berdarah. Pemeriksaan IgG dan IgM ini juga bisa digunakan untuk membedakan infeksi dengue primer atau sekunder.

(Halstead, 2008)

Dengue primer

Dengue primer terjadi pada pasien tanpa riwayat terkena infeksi dengue sebelumnya. Pada pasien ini dapat dideteksi IgM muncul secara lambat dengan titer yang rendah.

Dengue Sekunder

Dengue sekunder terjadi pada pasien dengan riwayat paparan virus dengue sebelumnya. Kekebalan terhadap virus dengue yang sama atau homolog muncul seumur hidup. Setelah beberapa waktu bisa terjadi infeksi dengan virus dengue yang berbeda. Pada awalnya akan muncul antibodi IgG, sering pada masa demam, yang merupakan respon memori dari sel imun. Selain itu juga muncul respon antibodi IgM terhadap infeksi virus dengue yang baru.

Untuk mudahnya bisa dilihat pada tabel di bawah :

Selain itu juga bisa digunakan rasio IgM/IgG. Rasio > 1,8 lebih mendukung infeksi dengue primer, sedangkan raso ≤ 1,8 lebih ke arah infeksi dengue sekunder.

Semoga bermanfaat

Sumber: Dengue, Tropical Medicine: Science and Practice

 

6 Responses

  1. tina

    February 17, 2012 2:07 pm

    Sendainya DBD tidak kambuh lg
    Apakah firus ya msh ada?
    Dan kenapa IgG Βΐšã mendeksi seumur hidup?
    Áªªå kah anti bodinya tidak berganti atau kekebalan tubuhnya tidak Βΐšã menghilangkan virid DBD tersebut??
    Saya minta jawabannya
    Terimakasi sebelumya

    Reply
  2. Eybarda simbolon

    August 13, 2017 12:24 am

    Kalau NEGATIF dok. Tp riwayat pasien selalu trombosit rendah setiap kali demam. Sudah 3 kali dalam 3.x waktuyg berbeda selalu di bawah normal. Mohon pencerahan dok.

    Reply
  3. Nur ristyarti

    January 9, 2023 1:20 pm

    Dok.. anak saya demam sudah 3 hari. Td saya bawa ke puskesmas. Kemudian cek darah. Hasil lab nya trombosit msh normal, igG nya reaktif, igM nya non reaktif, td saya sudah dijelaskan oleh dokternya. Kemudian cuma diberi puyer dan stimuno. Nah malam ini kok saya melihat ada beberapa ruam merah di pergelangan tangan anak saya. Ini gimana dok?

    Reply

Leave a Reply